Headlines News :
Home » » MENGENAL MAC OS

MENGENAL MAC OS

Written By Henry Sakukurata on Senin, 01 Agustus 2011 | 22.55

a. Sejarah Mac OS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.
Macintosh operating system atau sistem operasi macintosh adalah sistem operasi yang di gunakan untuk mengoperasikan komputer notebook apple macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos di ciptakan.
Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.
Awalnya Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.
b. Jenis-jenis Macintosh
1. 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
2. 1986: Macintosh Plus
3. 1987: Macintosh II, Macintosh SE
4. 1988: Macintosh IIx
5. 1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
6. 1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, seri Macintosh LC
7. 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
8. 1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
9. 1993: Macintosh Centris, Macintosh Color Classic, Macintosh Performa, Macintosh TV
10. 1994: Power Macintosh
11. 1997: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
12. 1998: iMac
13. 1999: iBook, Power Macintosh G4
14. 2000: Power Mac G4 Cube
15. 2001: PowerBook G4
16. 2002: eMac
17. 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
18. 2004: iMac G5
19. 2005: Mac mini
20. 2006: MacBook, MacBook Pro
c. Sistem Mac OS
Sistem Mac OS dapat di bedakan menjadi dua jenis, yaitu:
a. Mac OS Klasik
Mac OS “Klasik”, sistem yang pertama dikeluarkan oleh Mac pada tahun 1984 hingga Mac OS 9. Mac OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak memilik sembarang command line atau baris perintah; merupakan sistem yang menggunakan user interface(UI) sepenuhnya. Karena mudah untuk di gunakan, sistem ini juga dikritik karena menggunakan cooperative multitasking.
b. Mac OS X
Mac OS X (huruf “X” itu disebut sepuluh, yaitu huruf romawi) yang lebih baru. Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac. Pengurusan memori yang jauh lebih baik dapt lebih banyak pengisian secara bersamaan dan menutup kemungkinan sesuatu pengisian menghancurkan pengisian lainnya.
d. Kelebihan Mac OS :
Lebih stabil karena menggunakan UNIX
a. Multitasking
b. Bisa mengenal file format windows
c. Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia
d. Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
e. Open sourcecode sehingga Mac OS sulit dibajak
f. Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
g. Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
h. Lebih stabil
i. Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
j. Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
k. Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.
e. Kekurangan Mac OS :
a. Mahal
b. Hanya cocok untuk graphic designer
c. Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
d. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
e. Software di Mac OS tidak begitu lengkap
f. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game
Mac OS X adalah garis komputer sistem operasi dikembangkan, dipasarkan, dan dijual oleh Apple Inc, dan sejak tahun 2002 termasuk dengan Macintosh sistem komputer semua baru. Ini adalah penerus Mac OS 9, final release dari “klasik” Mac OS, yang telah Apple buat sistem operasi utama sejak tahun 1984. Mac OS X, yang “X” mewakili angka Romawi untuk “10″ dan merupakan bagian penting dari identitas merek, adalah Unix berbasis sistem operasi, yang dibangun di atas teknologi yang dikembangkan di NeXT antara paruh kedua tahun 1980-an dan sejak pembelian perusahaan oleh Apple’s pada akhir 1996. Rilis keenam Mac OS X v10.5 “Leopard” mendapatkan UNIX 03 sertifikasi sementara untuk berjalan di Intel prosesor.
Versi pertama dirilis adalah Mac OS X Server 1.0 pada tahun 1999, dan berorientasi desktop versi Mac OS X v10.0 “Cheetah” diikuti pada 24 Maret 2001. Releases of Mac OS X dinamai setelah leopard misalnya, Mac OS X v10.6 biasanya disebut oleh Apple dan pengguna sebagai “Snow Leopard”.
The server edition, Mac OS X Server, adalah arsitektur desktop identik dengan para mitra, dan termasuk alat untuk memfasilitasi pengelolaan kelompok kerja Mac OS X mesin, dan untuk menyediakan akses ke layanan jaringan. Alat-alat ini termasuk agen transfer mail, sebuah server Samba, sebuah LDAP server, sebuah nama domain server, dan lain-lain. Ini adalah pre-loaded di Apple’s Xserve server hardware, tetapi dapat dijalankan pada sebagian besar komputer Apple.
Apple juga memproduksi versi khusus Mac OS X untuk digunakan pada tiga dari perangkat konsumen: dengan iPhone OS untuk iPhone dan iPod Touch, dan versi yang tidak disebutkan namanya untuk Apple TV.
a. Sejarah
Mac OS X didasarkan atas kernel Mach. Beberapa bagian dari FreeBSD ’s dan NetBSD’ s pelaksanaan Unix dimasukkan dalam NeXTSTEP, inti dari Mac OS X. NeXTSTEP adalah berorientasi obyek sistem operasi yang dikembangkan oleh Steve Jobs ‘perusahaan NeXT setelah ia meninggalkan Apple di tahun 1985. Sementara Jobs dari Apple, Apple berusaha untuk menciptakan “generasi berikutnya” OS melalui Taligent, Copland dan Gershwin proyek, dengan sedikit keberhasilan.
Akhirnya, NeXT’s OS-kemudian disebut OPENSTEP-telah dipilih untuk menjadi dasar untuk Apple OS berikutnya, dan Apple membeli NeXT langsung. Steve Jobs kembali ke Apple sebagai CEO sementara, dan kemudian menjadi CEO lagi, menggiring transformasi para programmer ramah OPENSTEP ke dalam sebuah sistem yang akan diadopsi oleh Apple pasar utama rumah pengguna dan profesional kreatif. Proyek ini pertama kali dikenal sebagai Rhapsody dan kemudian diganti namanya menjadi Mac OS X. Mac OS X Server 1.x, tidak sesuai dengan perangkat lunak yang dirancang untuk Mac OS asli dan tidak memiliki dukungan untuk Apple sendiri interface IEEE 1394 (FireWire). Mac OS X 10.x included more backward compatibility and functionality by including the Carbon API as well as FireWire support. Mac OS X 10.x melibatkan lebih kompatibilitas dan fungsionalitas dengan memasukkan Karbon API serta dukungan FireWire. Sebagai sistem operasi berkembang, itu menjauh dari warisan Mac OS untuk penekanan pada baru “gaya hidup digital” aplikasi seperti iLife suite, meningkatkan aplikasi bisnis (iWork), dan hiburan rumah terpadu (di Front Row media center).
b. Deskripsi
Mac OS X inti adalah POSIX sesuai sistem operasi (OS) yang dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix tersedia dari antarmuka baris perintah. Apple merilis set perangkat lunak ini sebagai bebas dan open source sistem operasi bernama Darwin. Di atas Darwin, Apple melapis sejumlah komponen, termasuk Aqua antarmuka dan Finder, untuk melengkapi GUI berbasis sistem operasi yang Mac OS X.
Mac OS X memperkenalkan sejumlah kemampuan baru untuk memberikan yang lebih stabil dan handal platform dari pendahulunya, Mac OS 9. Sebagai contoh, pre-emptive multitasking dan perlindungan memori meningkatkan kemampuan sistem untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa mereka mengganggu atau merusak satu sama lain. Banyak hal dari Mac OS X arsitektur berasal dari Openstep, yang dirancang untuk menjadi portabel, untuk memudahkan transisi dari satu platform yang lain. Sebagai contoh, NeXTSTEP adalah porting dari aslinya 68k berbasis NeXT workstation untuk x86 dan arsitektur lain sebelum NeXT dibeli oleh Apple, dan OpenStep itu nantinya untuk PowerPC arsitektur sebagai bagian dari proyek Rhapsody.
Penggunaan tepi lembut, tembus warna, dan pinstripes-mirip dengan desain hardware yang pertama iMacs-membawa lebih banyak tekstur dan warna pada antarmuka pengguna bila dibandingkan dengan apa yang OS 9 dan OS X Server 1.0 ’s “Platinum” penampilan telah menawarkan . Menurut John Siracusa, seorang editor dari Ars Technica, pengenalan Aqua dan keberangkatan dari konvensional kemudian tampak “menghantam seperti satu ton batu bata.” Namun Bruce Tognazzini (yang mendirikan Apple Human Interface asli Group) mengatakan bahwa yang Aqua antarmuka di Mac OS X v10.0 mewakili suatu langkah mundur dalam kegunaan dibandingkan dengan antarmuka Mac OS asli.
Meskipun kontroversial antarmuka baru, pengembang pihak ketiga mulai memproduksi kulit untuk aplikasi dapat disesuaikan untuk Mac dan lainnya sistem operasi yang menirukan penampilan Aqua. Sampai batas tertentu, Apple telah menggunakan sukses transisi ke desain baru ini sebagai leverage, pada beberapa kali mengancam tindakan hukum terhadap orang-orang yang membuat atau mendistribusikan perangkat lunak dengan sebuah antarmuka klaim perusahaan berasal dari hak cipta desain.
Mac OS X sendiri termasuk pengembangan perangkat lunak alat, yang paling mencolok sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi yang disebut Xcode. Xcode menyediakan antarmuka untuk compiler yang mendukung beberapa bahasa pemrograman, termasuk C, C + +, Objective-C, dan Java. Untuk Apple Intel Transisi, itu dimodifikasi sehingga pengembang dapat membangun aplikasi sebagai biner universal, yang menyediakan kompatibilitas dengan baik berbasis Intel dan PowerPC Macintosh berbasis baris.
Pada tahun 2003 dan 2005, dua editor Macworld mengungkapkan kritik terhadap skema izin; Ted Landau disebut terkonfigurasi hak akses “frustrasi yang paling umum” di Mac OS X, sementara Rob Griffiths mengatakan bahwa beberapa pengguna mungkin bahkan harus me-reset permisi setiap hari, suatu proses yang dapat memakan waktu hingga 15 menit. ] Lebih baru-baru ini, editor Macworld lain, Dan Frakes, yang disebut perbaikan prosedur perizinan jauh digunakan secara berlebihan. Dia berpendapat bahwa Mac OS X biasanya menangani hak akses pengguna dengan baik tanpa gangguan, dan resetting perizinan harus diadili hanya ketika masalah muncul.
Pada 2009, Mac OS X adalah kedua yang paling populer untuk tujuan umum sistem operasi yang digunakan untuk internet, setelah Microsoft Windows, dengan pangsa pasar 4,5% menurut statistik yang dikumpulkan oleh Net Applications. ] Sebaliknya, itu adalah paling sukses UNIX-seperti sistem operasi desktop di internet, diperkirakan lebih dari 4 kali penetrasi bebas Linux. Mac OS X tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris, Jepang, Perancis, Jerman, Spanyol dan Italia .
c. Kompatibilitas Software
API ini diciptakan sebagai hasil dari kerjasama tahun 1993 antara NeXT Computer dan Sun Microsystems dan sekarang disebut oleh Apple sebagai Cocoa. Warisan ini sangat terlihat untuk Kakao pengembang, sejak “NS” Prefiks adalah dalam rangka mana-mana, berdiri dengan berbagai cara untuk N ext s tep atau N EXT / S un. OpenStep resmi API, diterbitkan pada bulan September 1994, adalah orang pertama yang membagi API antara Yayasan dan Aplikasi Kit dan yang pertama menggunakan “NS” awalan. Apple’s Rhapsody proyek akan mengharuskan semua perkembangan baru untuk menggunakan API ini, menyebabkan banyak kecaman antara Mac pengembang yang ada. Semua software Mac yang tidak menerima penulisan ulang yang lengkap untuk kerangka kerja baru akan berjalan dalam setara dengan lingkungan Classic.
Untuk memungkinkan kelancaran transisi dari Mac OS 9 ke Mac OS X, Carbon Application Programming Interface (API) telah dibuat. Aplikasi yang ditulis dengan Carbon dapat dilaksanakan secara native di kedua sistem. Carbon itu tidak termasuk dalam produk pertama yang dijual sebagai Mac OS X, Mac OS X Server (sekarang dikenal sebagai Mac OS X Server 1.x).
Mac OS X digunakan untuk mendukung Java Platform sebagai “pilihan paket perangkat lunak”-dalam prakteknya ini berarti bahwa aplikasi yang ditulis dalam bahasa Jawa cocok sebagai rapi ke dalam sistem operasi mungkin sambil masih lintas-platform yang kompatibel, dan antarmuka pengguna grafis yang ditulis dalam ayunan terlihat hampir sama persis dengan interface Cocoa asli. with Java as an alternative. Secara tradisional, program Kakao telah sebagian besar ditulis di Objective-C, dengan Jawa sebagai alternatif. Namun, pada 11 Juli 2005, Apple mengumumkan bahwa “fitur yang ditambahkan untuk Cocoa di Mac OS X versi lambat dari 10,4 tidak akan ditambahkan ke Cocoa-Java programming interface.”
Sejak Mac OS X adalah POSIX compliant, banyak paket perangkat lunak yang ditulis untuk * BSD atau Linux dapat dikompilasi ulang untuk berjalan di atasnya. Proyek-proyek seperti Fink, MacPorts dan pkgsrc menyediakan pre-compiled atau pra-paket diformat. Sejak versi 10.3, Mac OS X sudah termasuk X11.app, Apple versi X Window System antarmuka grafis untuk Unix aplikasi, sebagai komponen opsional saat instalasi. Sampai dengan dan termasuk Mac OS X v10.4 (Tiger), Apple pelaksanaan didasarkan pada X11 Berlisensi XFree86 4.3 dan X11R6.6. Semua paket versi X11 window manager fitur yang mirip dengan Mac OS X tampak-dan-merasa cukup baik dan memiliki integrasi dengan Mac OS X, juga menggunakan pribumi Quartz sistem rendering. Versi sebelumnya Mac OS X (di mana X11 belum dibundel) X11 juga dapat menjalankan aplikasi yang menggunakan XDarwin. Dengan diperkenalkannya versi 10,5 Apple beralih ke varian X.org X11.
d. Hardware
Untuk rilis awal Mac OS X, standar platform hardware yang didukung adalah garis penuh komputer Macintosh (laptop, desktop, atau server) yang didasarkan pada PowerPC G3, G4, dan G5 prosesor. Dihentikan versi dukungan untuk beberapa perangkat keras yang lebih tua misalnya, Panther tidak mendukung “krem” G3 , dan Leopard tidak mendukung sistem yang pra-tanggal pengenalan Apple terpadu FireWire port. Mac OS X v10.5 “Leopard” , diperkenalkan Oktober 2007, telah menjatuhkan dukungan untuk semua prosesor PowerPC G3 dan G4 PowerPC prosesor dengan clock di bawah kecepatan 867 MHz. Dengan pengenalan MacBook Air dan kemudian “unibody” MacBook, yang tidak memiliki port FireWire apapun, Leopard tidak memerlukan port FireWireterpadu.
Perangkat seperti XPostFacto dan patch diaplikasikan pada instalasi Namun disk telah dikembangkan oleh pihak ketiga untuk memungkinkan pemasangan versi terbaru Mac OS X pada sistem tidak secara resmi didukung oleh Apple. Hal ini mencakup sejumlah pra-Power Macintosh G3 sistem yang dapat dibuat untuk menjalankan sampai dengan 10,2 Mac OS X Jaguar, semua berbasis Mac G3 yang dapat dijalankan sampai dengan dan termasuk Tiger, dan sub-867 MHz G4 Mac dapat menjalankan leopard dengan menghapus batasan dari instalasi DVD atau memasukkan perintah di Mac Open Firmware antarmuka untuk memberitahu Leopard Installer bahwa ia memiliki kecepatan clock 867 MHz atau lebih. Kecuali fitur yang memerlukan perangkat keras khusus (misalnya grafik percepatan, DVD menulis), sistem operasi menawarkan fungsionalitas yang sama pada semua hardware didukung.
Versi PowerPC Mac OS X Leopard sebelum mempertahankan kompatibilitas dengan aplikasi Mac OS yang lebih tua dengan menyediakan suatu lingkungan emulasi yang disebut Classic, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan Mac OS 9 sebagai sebuah proses di Mac OS X, sehingga aplikasi berjalan paling tua karena mereka akan di bawah sistem operasi yang lebih tua. Classic is not supported on Intel-based Macs or in Mac OS X v10.5 “Leopard”, although users still requiring Classic applications on Intel Macs can use the SheepShaver emulator to run Mac OS 9 on top of Leopard. Klasik tidak didukung pada Mac berbasis Intel atau di Mac OS X v10.5 “Leopard”, walaupun pengguna masih memerlukan aplikasi Klasik Intel Mac dapat menggunakan SheepShaver emulator untuk menjalankan Mac OS 9 di atas Leopard.Pada Mac OS X Leopard Snow 10,6, tidak ada lagi dukungan untuk prosesor PowerPC.
e. Apple Intel Transisi
Pada bulan April 2002, eWeek melaporkan desas-desus bahwa Apple memiliki versi Mac OS X Marklar kode nama yang berjalan pada Intel x86 prosesor. Ide di belakang adalah untuk menjaga Marklar Mac OS X berjalan pada platform alternatif harus Apple menjadi tidak puas dengan kemajuan platform PowerPC. rumor ini mereda sampai akhir bulan Mei 2005, ketika berbagai media, seperti Wall Street Journal dan CNET, melaporkan bahwa Apple akan mengungkap Marklar dalam beberapa bulan mendatang.
Pada tanggal 6 Juni 2005, Steve Jobs menegaskan desas-desus ini ketika ia mengumumkan dalam sambutan kuncinya di Apple tahunan Worldwide Developers Conference bahwa Apple akan melakukan transisi dari PowerPC ke Intel prosesor selama dua tahun, dan bahwa Mac OS X akan mendukung kedua platform selama masa transisi. Jobs juga menegaskan desas-desus bahwa Apple telah memiliki versi Mac OS X dijalankan pada prosesor Intel untuk sebagian besar dari perkembangan kehidupan. Terakhir kali bahwa Apple keluarga-CPU beralih dari Motorola 68K CPU ke IBM / Motorola PowerPC-Apple termasuk Nokia 68K emulator di OS baru yang membuat hampir semua perangkat lunak 68K bekerja secara otomatis pada perangkat keras baru.
Apple telah mendukung 68K emulator untuk 11 tahun, tapi berhenti mendukung selama transisi ke Intel CPU. Termasuk dalam OS baru untuk Mac berbasis Intel adalah Rosetta, sebuah terjemahan biner lapisan perangkat lunak yang memungkinkan dikompilasi untuk PowerPC Mac OS X untuk dijalankan di Intel Mac OS X mesin. However, Apple dropped support for Classic mode on the new Intel Macs. Namun, Apple menjatuhkan dukungan untuk modus Classic baru Intel Mac. Perangkat lunak emulasi pihak ketiga seperti Mini vMac, Basilisk II dan SheepShaver menyediakan dukungan untuk beberapa versi awal Mac OS. Sebuah versi baru Xcode dan baris perintah yang mendasari dukungan compiler bangunan universal binari yang akan berjalan di kedua arsitektur.
Lunak yang tersedia hanya untuk PowerPC didukung dengan Rosetta, meskipun aplikasi mungkin harus ditulis ulang untuk menjalankan dengan baik di OS X yang lebih baru untuk Intel. Apple mendorong para pengembang untuk menghasilkan binari dengan dukungan universal baik untuk PowerPC dan x86. Ada kinerja PowerPC binari hukuman ketika dijalankan di Intel Mac melalui Rosetta. Selain itu, beberapa perangkat lunak PowerPC, seperti kernel ekstensi dan Sistem Preferensi plugin, tidak didukung pada Intel Mac. Beberapa aplikasi PowerPC tidak akan berjalan pada Intel OS X sama sekali. itu harus diformat ulang. Plugin untuk Safari harus dicompile untuk platform yang sama seperti Safari, jadi ketika Safari sedang berjalan pada Intel membutuhkan plug-in yang telah dikompilasi sebagai Intel-only atau universal binari, sehingga hanya PowerPC-plug-in tidak akan bekerja. Sementara Intel Mac akan dapat menjalankan PowerPC, x86, dan universal binari, PowerPC Mac hanya akan mendukung universal dan PowerPC membangun.
Cross-platform seperti itu kemampuan sudah ada di Mac OS X keturunan; Openstep adalah porting ke banyak arsitektur, termasuk x86, dan Darwin termasuk dukungan untuk kedua PowerPC dan x86. Meskipun Apple mengatakan bahwa Mac OS X tidak akan berjalan pada Intel berbasis komputer pribadi selain sendiri, sebuah versi hack sistem operasi yang kompatibel dengan hardware x86 konvensional telah dikembangkan oleh OSx86 masyarakat.
Pada 8 Juni 2009, Apple mengumumkan di dalam Worldwide Developers Conference yang Snow Leopard (versi 10.6) akan menjatuhkan dukungan untuk prosesor PowerPC dan Intel-satunya. Namun, Rosetta masih didukung. Dalam Snow Leopard, Rosetta tidak diinstal secara default, tetapi tersedia pada DVD instalasi sebagai diinstal add-on.
f. Fitur-fitur
Apple memperkenalkan banyak fitur baru setiap rilis baru dari OS X. Salah satu perbedaan utama antara versi sebelumnya Mac OS dan OS X adalah penambahan Aqua GUI, sebuah antarmuka pengguna grafis cairan dengan air-seperti elemen. Selain itu, setiap jendela elemen, teks, grafik atau widget digambar di layar dengan menggunakan anti-aliasing teknologi. ColorSync, sebuah teknologi yang diperkenalkan beberapa tahun sebelumnya, sudah diperbaiki dan dibangun menjadi inti mesin gambar, untuk memberikan warna yang cocok untuk percetakan dan multimedia profesional. Selain itu, bayang-bayang drop ditambahkan di sekitar jendela dan elemen teks terisolasi untuk memberikan rasa kedalaman. New interface elements were integrated, including sheets (document modal dialog boxes attached to specific windows) and drawers. Elemen-elemen antarmuka baru yang terintegrasi, termasuk lembaran (modal dokumen kotak dialog yang melekat pada jendela tertentu) dan laci.
Apple telah terus mengubah aspek OS X penampilan dan desain, terutama dengan munculnya tweak jendela dan menu bar. The 10,0 “kulit” sangat berbeda dari 10,3 ’s misalnya. Para antarmuka manusia pedoman yang diterbitkan oleh Apple untuk Mac OS X yang diikuti oleh banyak aplikasi, memberi mereka konsisten user interface dan shortcut keyboard. Di samping itu, layanan baru untuk berbagai aplikasi yang dimasukkan, yang meliputi ejaan dan tata bahasa catur, palet karakter khusus, color picker, chooser font dan kamus; fitur global ini hadir dalam setiap aplikasi Cocoa, menambahkan konsistensi. Sistem grafis OpenGL komposit jendela ke layar untuk memungkinkan hardware-accelerated menggambar.
Kuarsa model pencitraan internal berkorelasi dengan baik dengan Portable Document Format (PDF) imaging model, sehingga mudah untuk keluaran PDF ke beberapa perangkat. Sebagai hasil samping, PDF melihat adalah fitur built-in.
Di versi 10.3, Apple menambahkan Expose, sebuah fitur yang mencakup tiga fungsi untuk membantu aksesibilitas antara jendela dan desktop. Fungsinya adalah untuk langsung menampilkan semua jendela yang terbuka sebagai thumbnail untuk kemudahan navigasi untuk tugas yang berbeda, menampilkan semua jendela yang terbuka sebagai thumbnail dari aplikasi saat ini, dan menyembunyikan semua jendela untuk mengakses desktop. Juga, FileVault diperkenalkan, yang merupakan enkripsi opsional pengguna file dengan Advanced Encryption Standard (AES-128).
g. Directory pada Mac OS X
/mac/System Folder
h. Tahapan-tahapan Mac OS
1. Mac OS X Server 1.0 kode: “Rhapsody”, dirilis: Maret 1999.
2. Mac OS X Public Beta kode: “Kodiak”, dirilis: September 2000.
3. Mac OS X 10.0 (update 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) kode: “Cheetah”, dirilis: Maret 2001.
4. Mac OS X 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: “Puma”, dirilis: Oktober 2001.
5. Mac OS X Server 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: “Puma”, dirilis: November 2001.
6. Mac OS X 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) kode: “Jaguar”, dirilis: Agustus 2002.
7. Mac OS X Server 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7 10.2.8), dirilis Agustus 2002.
8. Mac OS X 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8 10.3.9) kode: “Panther”, dirilis Oktober 2003.
9. Mac OS X Server 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7 10.3.8-10.3.9), dirilis Oktober 2003.
10. Mac OS X 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) kode: “Tiger”, dirilis: April 2005.
11. Mac OS X Server 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.
12. Mac OS X 10.5 (update 10.5.1-10.5.2-10.5.3-10.5.4) kode: “Leopard”, dirilis: Oktober 2007
13. Max OS X 10.6 (kode: “Snow Leopard”; direncanakan beredar pada Juni 2009) Mac OS X 2
VERSI-VERSI MACINTOSH OPERATING SYSTEM X
1. MAC OS X 10.4 “TIGER”
a. Sejarah Mac OS X 10.4 “Tiger”
Mac OS X 10.4 “Tiger” pada awalnya ditinjau oleh Steve Jobs dari Apple CEO dalam pokok pidato yang disampaikannya di Konferensi Pengembang Sedunia (Worldwide Developers Conference) pada tanggal 28 Juni 2004. Kemudian pada bulan Desember 2004, beberapa pengembang non komersial merilis Tiger yang bocor di internet. Akibatnya, Apple menuntut file sharer, orang yang mendistribusikan Tiger untuk didownload bebas dengan menggunakan BitTorrent. Pada tanggal 12 April 2005, diumumkan bahwa Tiger resmi diluncurkan di seluruh dunia pada tanggal 29 April. Semua Apple Store diseluruh dunia menyelenggarakan seminar tentang Tiger, dan mendemokannya.
Pada 6 Juni 2005 pada Worldwide Developers Conference di San Fransisco, Jobs mengumumkan bahwa hampir 2 miliar copy terjual dalam enam bulan semenjak diluncurkannya Tiger, membuatnya system operasi tersukses yang dirilis Apple sepanjang sejarah. Ia juga mengemukakan bahwa Mac OS X telah direncanakan sejak awal untuk bekerja sama dengan prosesor Intel x86 di samping PowerPC, CPU untuk sistem operasi juga telah dipasarkan. Pada bulan Juni 2005, Apple mengumumkan rencananya untuk merilis x86 berbasis komputer pertama pada bulan Juni 2006, sisanya transisi ke x86 pada bulan Juni 2007. Pada tanggal 10 Januari 2006, Apple merilis iMac dan MacBook Pro pertama mereka yang menawarkan teknologi prosesor Intel Core Duo, dan mengumumkan bahwa seluruh produk Apple akan ditransisi ke prosesor Intel pada akhir tahun 2006. Kemudian Apple merilis Mac Pro dan mengumumkan Xserve baru pada 8 Agustus 2006, melengkapi transisi Intel dalam 210 hari.
Tiger merupakan versi pertama dari Mac OS X yang tersedia pada DVD bukan di CD, walaupun DVD tersebut dapat ditukar dengan CD untuk $ 9,95. Tiger juga merupakan versi pertama dari Mac OS yang memiliki nomor versi update terakhir dengan nilai lebih besar dari 9, dengan 10.4.10 dan 10.4.11 update.
b. Karakteristik dan Perbedaan Antar Versi untuk Mac OS X 10.4
Beberapa fitur baru dari versi Tiger ini yaitu Spotlight, fitur system pencarian cepat, versi baru dari Safari web browser, Dashboard, tema ‘Unified’ baru, dan meningkatkan dukungan untuk 64-bit pengalamatan pada Power Mac G5s.
Mac OS X v10.4 “Tiger” terdapat semua hal baru dari computer Macintosh, dan juga tersedia versi upgrade untuk pengguna Mac OS X yang ada, atau user yang menggunakan pra-Mac OS X. Edisi server, Mac OS X Server 10,4, juga tersedia untuk beberapa produk Macintosh. Tiger juga merupakan versi pertama dari setiap system operasi yang dirilis Apple untuk berjalan pada arsitektur mesin Apple-Intel (komputer Apple menggunakan prosesor x86). Apple TV, seperti dirilis pada bulan Maret 2007, dilengkapi dengan versi Mac OS X v10.4 yang disesuaikan dengan brand “Apple TV OS” yang menggantikan yang antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dengan versi update dari Front Row.
c. Fitur/Kemampuan Mac OS X 10.4 “Tiger”
Apple mengiklankan bahwa Mac OS X v10.4 Tiger memiliki lebih dari 200, termasuk:
· Spotlight – Spotlight merupakan mesin pencarian metadata, yang dapat mencari apapun mulai dari dokumen Word sampai kalender iCal juga Buku Alamat, serta semua teks dalam file PDF. Fitur ini juga digunakan untuk membangun konsep smart folder ke dalam Finder. Spotlight akan menampilkan file yang telah disimpan, sehingga user dapat dengan cepat dan mudah menemukan apa yang mereka cari sebagaimana yang diinput dalam text box yang disediakan.
· iChat AV - iChat AV 3.0 baru di Tiger mendukung sampai empat partisipan dalam konferensi video dan sepuluh peserta dalam konferensi audio. iChat AV juga mendukung komunikasi menggunakan Jabber protokol. Server Jabber disebut Server iChat disertakan pada Mac OS X Tiger Server.
· Safari RSS - web browser Safari 2,0 di fitur Tiger memasukkan pembacaan untuk RSS dan sindikasi web Atom yang dapat diakses dengan mudah dari tombol RSS dalam kolom alamat dari jendela browser. Versi update dari Safari, dimasukkan sebagai bagian dari Mac OS X v10.4.3 update gratis, dapat melewati juga tes standar Acid2.
· Mail 2 - versi terbaru klien email Mail.app termasuk di fitur antarmuka Tiger yang diperbarui, “Smart Mailbox” yang memanfaatkan sistem pencarian Spotlight, pengontrolan induk, serta beberapa fitur lainnya.
· Dashboard – Dashboard merupakan layer aplikasi mini berdasarkan HTML, CSS, dan JavaScript, yang mengembalikan konsep aksesoris desktop untuk Mac OS. Aksesori ini dikenal dengan istilah widgets. Dashboard datang dengan beberapa widgets seperti Cuaca, Jam Dunia, Konverter Unit, dan kamus / ensiklopedi. Lebih lanjut tersedia secara online dan gratis.
· Automator – sebuah tool script yang disebut Automator yaitu untuk menautkan beberapa aplikasi untuk membentuk aliran kerja otomatis yang kompleks (ditulis dalam AppleScript, Cocoa, atau keduanya). Automator hadir dengan library lengkap untuk beberapa aplikasi yang dapat digunakan bersama dalam melakukan pekerjaan.
2. MAC OS C 10.5 “LEOPARD”
a. Sejarah Mac OS X 10.5 “Leopard”
Mac OS X 10.5 “Leopard” merupakan versi terbaru dari versi sebelumnya yaitu Mac OS X 10.4 “Tiger”. Mac OS X versi 10,5 “Leopard” termasuk dalam keenam besar Mac OS X yang dirilis secara besar-besaran, Apple desktop dan system operasi server untuk untuk computer Macintosh, tetapi juga merupakan pengganti untuk Mac OS X v10.4 “Tiger”. Leopard dirilis pada tanggal 26 Oktober 2007, dan tersedia dalam dua varian: versi desktop, cocok untuk komputer pribadi, dan versi server, Mac OS X Server.
Apple menawarkan pengurangan biaya-upgrade kepada orang yang membeli komputer Apple baru setelah tanggal 1 Oktober 2007, yaitu mereka yang belum memiliki Mac OS X v10.5 Leopard pada komputernya. Steve Jobs di MacWorld 2008 menyatakan bahwa lebih dari 20% dari Mac menggunakan Leopard sebagai sistem operasi mereka. Leopard akan digantikan oleh Mac OS X v10.6 “Snow Leopard”, yang telah diluncurkan di Indonesia.
Leopard dijual dengan harga 130 dollar Amerika untuk ‘single user’, sedangkan untuk ‘family pack’ atau limit pemakaian 5 orang, dijual dengan harga 200 dollar Amerika. Namun satu hal yang harus diingat sebelum memakai Leopard adalah system requirement dari komputer yang akan menjalankannya. Hal ini disebabkan karena ‘si macan tutul’ ini membutuhkan ‘habitat’ yang tidak dapat ditawar lagi. Bagi mereka pemakai komputer dari Intel mungkin tidak akan ada masalah. Namun bagi para pemakai PC rakitan, mungkin harus memperhatikan bahwa prosesor untuk menjalankan Leopard minimum adalah prosesor G4 867 MHz dengan kekuatan memory minimum 512 MB. Untuk para pemakai G3, mungkin hanya dapat mengikuti Mac OS hingga versi 10.4 saja.
b. Karakteristik dan Perbedaan Antar Versi untuk Mac OS X 10.5 “Leopard”
Menurut Apple, Leopard berisi lebih dari 300 perubahan dan perangkat tambahan, yang meliputi komponen inti sistem operasi serta termasuk aplikasi dan perangkat pengembangan. Leopard memperkenalkan desktop yang direvisi secara signifikan, dengan mendesain ulang Dock, Stack, Menu Bar yang setengah transparan, dan Finder terbaru yang memasukkan antarmuka navigasi visual Cover Flow pertama pada iTunes.
Fitur khusus lainnya yaitu dukungan untuk menulis pada antarmuka pengguna aplikasi grafis 64-bit, utility back up yang otomatis disebut Time Machine, mendukung untuk pencarian Spotlight untuk beberapa mesin, dan penyertaan Front Row dan Foto Booth, yang sebelumnya hanya terdapat pada beberapa model Mac.
c. Fitur/Kemampuan Mac OS X 10.5 “Leopard”
Apple mengiklankan bahwa Mac OS X v10.5 Leopard memiliki lebih dari 300 fitur baru, termasuk:
· Peningkatan baru pada Automator, dimulai dengan poin mudah untuk memulai kerja. Automator juga dapat dengan cepat membuat atau mengedit workflows baru dengan perbaikan dari segi antarmuka. Sekarang dapat menggunakan fungsi baru yang disebut “Watch Me Do” yang memungkinkan Anda merekam aksi pengguna (seperti menekan tombol atau mengendalikan aplikasi tanpa memasukkan dukungan Automator) dan pengulangan sebagai tindakan dalam kerja. Hal ini dapat membuat lebih bermanfaat alur kerja Automator dengan tindakan untuk RSS feeds, video kamera iSight snapshot, PDF manipulasi, dan masih banyak lagi.
· Back My Mac
Back My Mac adalah fitur untuk pengguna MobileMe yang memungkinkan pengguna untuk mengakses file pada computer rumah mereka saat jauh dari rumah melalui internet.
· Boot Camp
Perangkat lunak yang memungkinkan untuk instalasi sistem operasi lain, seperti Windows XP (SP2 atau yang lebih baru) atau Windows Vista, pada partisi terpisah (terpisah atau internal drive) pada Mac berbasis Intel.
· Perangkat tambahan Dashboard, termasuk Web Clip, fitur yang memungkinkan pengguna untuk menutup bagian dari halaman web yang ditampilkan dalam Safari ke dalam widget Dashboard secara langsung, dan Dashcode untuk membantu pengembang kode widgets.
· Desktop baru, 3-D dock yang didesain ulang dengan fitur baru yang disebut kelompok Stack, yang menampilkan file baik dalam sebuah gaya “kipas/fan”, gaya “grid”, atau (sejak 10.5.2) gaya “list”.
· Stack
Perubahan yang paling pertama akan kelihatan adalah wajah baru dari Desktop. Memang dia menjadi semakin cantik, tetapi fokus kita bukanlah wajah Desktop melainkan kemampuan barunya yang bernama Stack.
Dengan Stack, para pengguna Leopard akan mendapatkan berbagai item yang sejenis yang biasanya ‘bertebaran berantakan’ di permukaan Desktop ‘tertumpuk’ rapi di menubar. Selain bisa memilih untuk menyusun dalam bentuk tumpukan melengkung (fan) atau terkelompok (grid), pengguna Leopard juga bisa memilih item jenis apa yang akan dikelompokkan.
· Kamus/Dictionary yang dapat mencari dari Wikipedia, dan kamus terminology Apple juga. Juga dilengkapi kamus bahasa Jepang-Daijisen, Progressive EJ dan kamus Progressive JE, dan ensiklopedi 25000-kata ” Tsukaikata no Wakaru Ruigo Reikai Jiten “, Semua yang diberikan olehpenerbit Jepang Shogakukan.
· Pendesignan ulang Finder, dengan fitur yang serupa dengan yang terlihat di iTunes 7, termasuk Cover Flow dan Sumber-daftar seperti sidebar.
· iChat
Lewat iChat, Apple membawa proses bincang-bincang biasa lewat koneksi network selangkah lebih maju dengan kemampuan iChat untuk saling mengakses Desktop dari komputer lawan bicara kita. Dengan seijin penggunanya tentu saja. Dengan ‘menguasai’ komputer lawan bicara, seseorang bisa membantu temannya untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, proses berbagi file juga menjadi sangat mudah. Kemampuan ini membuka kemungkinan bagi pihak-pihak yang sedang terhubung untuk berkolaborasi mengerjakan sesuatu secara bersama-sama. Satu hal yang menyenangkan dari iChat baru adalah kemampuannya untuk mengubah latar belakang. Seseorang bisa dibuat seolah-olah sedang berbicara dari depan menara Eifel di Paris. File video juga bisa dijadikan latar belakang sehingga semuanya menjadi sangat nyata.
· Melihat dengan Cepat
Pastinya pengalaman menejemen file yang selama ini terasa membosankan akan menjadi jauh lebih menyenangkan dengan adanya fitur coverflow di Finder. Gunakan panah di keyboard untuk berpindah dari satu file ke file lainnya. Tetapi yang lebih hebat adalah ketika tombol Spacebar ditekan. Para pengguna Leopard akan bisa dengan cepat melihat isi dari file yang sedang terpilih di Finder. Tanpa sama sekali membuka aplikasi default-nya, apapun jenis file-nya; mulai dari image, text file, PDF, movie, presentasi, attachment Mail, sampai dengan file Microsoft Word dan Excel. Fitur ini akan sangat berguna jika digabungkan juga diengan Time Machine.
· Time Machine
Ini adalah sistem backup file total yang akan bisa mengembalikan file yang terhapus baik sengaja ataupun tidak. Seolah-olah kita dibawa kembali ke waktu dimana file tersebut belum terhapus. Tentu saja sistem backup file bukanlah barang baru. Tetapi seperti kata seorang analis bidang TI di internet, keistimewaan Apple adalah bahwa mereka bisa membuat suatu proses yang sudah dianggap biasa berjalan dengan semestinya, dan juga mudah dan indah.
Sebuah penggambaran yang tepat untuk kinerja Time Machine. Yang perlu dilakukan hanyalah menghubungkan sebuah eksternal drive (dengan kapasitas yang memadai tentunya), menekan satu tombol untuk memilih drive tersebut sebagai media backup, dan membiarkan semuanya berjalan secara otomatis. Memang seperti itulah seharusnya sistem backup berjalan.
· Notes, ToDos dan Templates di Mail
Satu lagi pemain lama yang diberikan kemampuan baru, Mail. Selai kemampuannya untuk mengelola email, sekarang Mail memiliki fitur pembuatan catatan (Notes) di atas ‘kertas’ kuning bergaris - fitur biasa yang menjadi powerful karena terintegrasi juga dengan kemampuan membuat ToDo dengan cepat. Notes juga bisa diletakkan di Inbox sehingga mau tidak mau akan terbaca juga. Jadi tidak ada alasan lupa.
Selain itu Mail juga diperkaya dengan berbagai Template indah yang bisa langsung dipergunakan untuk mengirimkan, misalnya, kartu ucapan ulang tahun elektronik atau undangan rapat yang stylish. Sekali lagi, penggunaan templates bukanlah hal baru, tetapi Apple tahu kapan waktu yang tepat untuk meluncurkannya. Saat ini kecepatan koneksi internet secara umum dan kemampuan pengolahan grafis komputer sudah tidak akan lagi menjadi penghambat penggunaan berbagai templates yang ’berat’. Selain itu, siapa sih yang mempertanyakan mutu desain tampilan templates dari Apple?
· Membagi-bagi ruang kerja
Multitasking – mengerjakan banyak hal dalam satu waktu yang bersamaan - sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya kerja masyarakat modern. Sepertinya aneh jika hanya ada satu aplikasi yang terbuka pada satu saat di komputer anda. Akibatnya tentu saja sudah bisa diduga: tampilan komputer menjadi berantakan dengan berbagai hal yang saling tindih menindih, anda menjadi bingung, dan produktifitas menurun.
Solusi yang diberikan Apple adalah Spaces – virtual desktop yang bisa digunakan untuk mengelompokkan berbagai aplikasi untuk sebuah tema yang sama. Misalnya desktop pertama untuk desain, desktop kedua untuk online, desktop ketiga untuk games, dan desktop keempat untuk multimedia. Semua terserah anda. Dengan berpindah-pindah desktop, anda hanya akan dihadapkan pada satu tema saja pada satu saat, dan biasanya tidak lebih dari 3-4 aplikasi saja.Leopard memberikan kebebasan pada penggunanya untuk membuat sampai dengan 16 virtual desktop, tetapi sepertinya 4 sudah lebih dari cukup untuk seorang pengguna biasa.
· Meng-upgrade sistem Ke Leopard
Meskipun sebetulnya proses penggantian sistem operasi di Mac anda dari Tiger ke Leopard itu sesederhana memasukkan DVD installer mengklik OK lalu menunggu, tetapi untuk mereka-mereka yang perfeksionis, berikut adalah beberapa sumber yang bisa dijadikan pegangan untuk memastikan segalanya akan berjalan dengan sebaik-baiknya:

d. Pemrograman yang dapat Dijalankan
Semua file format windows dapat dijalankan pada system operasi Macintosh versi Tiger dan Leopard. Otomatis, dengan demikian Microsoft Office pun dapat dijalankan/run di system operasi ini. Selain itu, dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bias dibaca di Sistem Operasi lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya generik (misalnya .pdf, .html, .mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi di kedua platform (Mac dan Windows) yang bias membaca format tersebut.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya