Headlines News :
Home » » Sejarah singkat windows

Sejarah singkat windows

Written By Henry Sakukurata on Sabtu, 29 Oktober 2011 | 22.47

Microsoft Windows adalah serangkaian perangkat lunak sistem operasi dan antarmuka pengguna grafis yang diproduksi oleh Microsoft . Microsoft pertama memperkenalkan lingkungan operasi bernama Windows pada bulan November 1985 sebagai add-on untuk MS-DOS di respon dengan kepentingan tumbuh di antarmuka pengguna grafis (GUI). Microsoft Windows datang untuk mendominasi dunia komputer pribadi pasar, menyalip Mac OS , yang telah diperkenalkan sebelumnya. Pada Oktober 2009, Windows telah sekitar 91% dari pangsa pasar dari klien untuk penggunaan sistem operasi di Internet. yang paling terbaru versi klien Windows adalah Windows 7 ; yang paling baru server versi adalah Windows Server 2008 R2 , yang paling baru ponsel versi Windows Mobile 6.5 .

Microsoft telah mengambil dua rute paralel dalam sistem operasinya. Satu rute telah bagi pengguna rumah dan yang lainnya telah untuk pengguna profesional TI. Rute dual umumnya mengarah ke versi yang lebih besar memiliki rumah multimedia dukungan dan fungsionalitas kurang dalam jaringan dan keamanan, dan versi profesional yang memiliki dukungan multimedia inferior dan jaringan yang lebih baik dan keamanan.

Versi pertama dari Microsoft Windows, versi 1.0 , dirilis pada bulan November 1985, tidak memiliki tingkat fungsionalitas dan mencapai popularitas kecil, dan untuk bersaing dengan sistem operasi sendiri's Apple. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, melainkan, ia meluas MS-DOS. Microsoft Windows versi 2.0 dirilis pada bulan November 1987 dan sedikit lebih populer dibanding pendahulunya. Windows 2,03 (tanggal rilis Januari 1988) telah mengubah OS dari jendela ubin ke jendela yang tumpang tindih. Hasil dari perubahan ini menyebabkan Apple Computer mengajukan gugatan terhadap Microsoft menyatakan pelanggaran atas hak cipta Apple's.

Sebuah Windows for Workgroups 3.11 desktop.

Microsoft Windows versi 3.0, dirilis pada tahun 1990, adalah Microsoft Windows versi pertama untuk mencapai keberhasilan komersial yang luas, menjual 2 juta kopi dalam enam bulan pertama. Ini fitur perbaikan pada user interface dan kemampuan multitasking. Ini menerima facelift pada Windows 3.1, yang dibuat secara umum tersedia pada tanggal 1 Maret 1992. Windows 3.1 dukungan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2001.

Pada bulan Juli 1993, Microsoft merilis Windows NT didasarkan pada kernel baru. NT dianggap OS profesional dan versi Windows pertama yang menggunakan preemptive multitasking . Windows NT nantinya akan retooled untuk juga berfungsi sebagai sistem operasi rumah, dengan Windows XP.

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft merilis Windows 95 , yang baru, dan besar, konsumen versi yang membuat perubahan selanjutnya ke antarmuka pengguna, dan juga digunakan preemptive multitasking . Windows 95 tidak dirancang untuk menggantikan Windows Windows 3.1, tetapi juga untuk Workgroups, dan MS-DOS. Ini juga sistem operasi Windows pertama yang menggunakan kemampuan Plug and Play. Perubahan Windows 95 dibawa ke desktop revolusioner, sebagai lawan dari evolusi, seperti yang pada Windows 98 dan Windows Me. Mainstream dukungan untuk Windows 95 yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2000 dan dukungan diperpanjang untuk Windows 95 yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2001.

Berikutnya dalam garis konsumen adalah Microsoft Windows 98 dirilis pada tanggal 25 Juni 1998. Itu substansial dikritik karena kelambatan dan untuk unreliability dibandingkan dengan Windows 95 , tapi banyak masalah dasar kemudian diperbaiki dengan rilis Windows 98 Edisi Kedua pada tahun 1999. dukungan Mainstream untuk Windows 98 yang berakhir pada tanggal 30 Juni 2002 dan dukungan diperpanjang untuk Windows 98 yang berakhir pada tanggal 11 Juli 2006.

Sebagai bagian dari "yang" baris profesional, Microsoft merilis Windows 2000 pada Februari 2000. Versi konsumen berikut adalah Windows 98 Windows Me (Windows Millennium Edition). Dirilis pada bulan September 2000, Windows Me menerapkan beberapa teknologi baru untuk Microsoft: dipublikasikan terutama adalah " Universal Plug and Play ". Selama tahun 2004 bagian dari Kode Sumber untuk Windows 2000 adalah bocor ke internet. Ini buruk untuk Microsoft sebagai kernel yang sama digunakan dalam Windows 2000 yang digunakan pada Windows XP.

Pada Oktober 2001, Microsoft merilis Windows XP , versi dibangun di atas Windows NT kernel yang juga mempertahankan kegunaan berorientasi pengguna Windows 95 dan penerusnya. Versi baru ini banyak dipuji di majalah komputer. Ini dikirimkan dalam dua edisi yang berbeda, "Home" dan "Profesional", mantan banyak kekurangan keamanan superior dan fitur jaringan dari edisi Professional. Selain itu, pertama "Media Center" edisi dirilis pada tahun 2002, dengan penekanan pada dukungan untuk DVD dan TV termasuk fungsi perekaman program dan remote control. Mainstream dukungan untuk Windows XP yang berakhir pada tanggal 14 April 2009. dukungan Extended akan berlanjut sampai April 8, 2014.

Pada bulan April 2003, Windows Server 2003 diperkenalkan menggantikan Windows 2000 lini produk server dengan sejumlah fitur baru dan fokus yang kuat pada keamanan; ini diikuti di bulan Desember 2005 oleh Windows Server 2003 R2.

Pada 30 Jan 2007 Microsoft merilis Windows Vista . Ini berisi sejumlah fitur baru , dari shell didesain ulang dan antarmuka pengguna untuk signifikan perubahan teknis , dengan fokus khusus pada fitur keamanan . Ini tersedia dalam beberapa edisi yang berbeda , dan telah dikenakan beberapa kritik .

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya