Headlines News :
Home » » Suka duka Diantara Kalian ( Kuliah & Kerja )

Suka duka Diantara Kalian ( Kuliah & Kerja )

Written By Henry Sakukurata on Selasa, 28 Mei 2013 | 01.25


Kadang saya berpikir pentingkah saya menulis jejak-jejak langkah saya selama pra-kampus, kehidupan kampus, sampai pada akhirnya mencapai pasca kampus. Saat saya membaca banyak blog orang lain yang menggunakan blognya sebagai diary, ya saya juga mengisi blog dengan cara yang tidak jauh beda pada kenyataanya. Walaupun sebenarnya saya paling malas kalau curhat lebay disini, karena saya tidak suka membuka-buka sesuatu yang bersifat pribadi ke khalayak umum. 

Tentang kampus, tempat teristimewa yang tidak mungkin saya lupakan seumur hidup, ada baiknya memang saya membuat laman tersendiri. Siapa tahu, belasan atau puluhan tahun kemudian, saat saya mengakses blog ini kembali, saya bisa terharu, bisa tertawa sendiri, dan mengevaluasi saya sudah ngapain aja selama dikampus dulu. Apakah selama mahasiswa saya itu tipe yang 'kupu-kupu' *kuliah pulang-kuliah pulang, atau aktivis banget. Tulisan ini pasti berharga suatu saat nanti, kapanpun saya membacanya, kapanpun saya mengulang membaca.

Buat yang masih sekolah atau kuliah pasti pernah dan pasti akan mencapai suatu titik dimana rasanya sangat ingin keluar dari dunia sekolah maupun kuliah ( aku mencapai titik ini waktu SMA Kls 2), Iya Nggak? Saat rasanya sudah cukup derita menyelesaikan tugas-tugas, laporan, presentasi itu, sudah ingin rasanya beralih ke dunia lain, dunia kerja. Dunia dimana tidak akan ada lagi guru atau dosen yang menagih tugas, tidak ada lagi laporan praktikum di lab yang harus segera dikumpulkan,dan masa dimana sistem belajar sks (sistem kebut semalam) berakhir sudah. Memasuki dunia kerja yang profesional, berpakaian ala pegawai kantoran, dapat gaji tiap bulan, dan seterusnya..

Ah.. sungguh indah bayanganku tentang dunia kerja saat itu….
Hmmm., bagaimana saat ini… yang kudapati ternyata dunia kerja tak selamanya indah seperti yang dulu kubayangkan. Ternyata ada juga saat yang tidak terlalu menyenangkan.., saat dimana rasanya memacu kendaraan ke tempat kerja sangatlah membosankan, melangkahkan kaki masuk ke tempat kerja tanpa ada spirit sama sekali, saat dimana hari libur menjadi sangat dinantikan, hehehehe, ternyata gak jauh beda dibanding saat sekolah dulu…

Back to the title,
Setelah bekerja aku memutuskan untuk melanjutkan kuliah, namun tetap bekerja. Kuliah sambil bekerja. Ya, setiap hal pasti ada suka duka, seneng gak senengnya kan ??. Senengnya adalah bahwa kita dilatih buat bisa manage waktu yang sehari cuma 24 jam itu, bahwa kita bisa membiayai sendiri kuliah tanpa harus merepotkan orang tua ( meski kadangkala dalam keadaaan darurat suka minta bantuan juga hehhe), bisa pandai mengatur keuangan, ilmu yang didapat saat kuliah langsung bisa dirasakan di tempat kerja, apa lagi ya..?.. OHHH Iya, setelah lulus kuliah gak perlu repot melamar kesana kemari, Orang udah kerja.. hehhehe, kecuali yang ingin dapat pekerjaan yang lebih baik dari berbagai sisi tentunya.

Dukanya, atau saya lebih suka menyebutnya tantangan, mungkin yang pertama adalah butuh energi ekstra, bayangin aja dari pagi 8 jam di tempat kerja kadang bahkan lebih, sorenya udah harus buru-buru ke kampus. Trus, kadang sulit untuk cari waktu belajar, kalaupun ada waktu libur di akhir pekan (kalau gak disuruh lembur) paling banyak digunakan untuk istirahat, beres-beres, atau menghadiri kegiatan lain. Juga harus bisa mengatur kondisi perekonomian dalam negeri, kalau sebelum kuliah kan bisa dapat penghasilan lebih dengan bekerja di atas jam normal (aftre hour), nah setelah kuliah after hournya jadi banyak berkurang. Kadang juga terbentur anatara jadwal kuliah dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Ada tuh teman yang malamnya pas ada UTS dan semua harus ikut (tidak ada pengulangan untuk alasan apapun, kecuali rawat inap), tapi malangnya saat itu juga harus berangkat ke luar kota untuk urusan pekerjaan. Ribet kan!.

Well,.. tiap keputusan pasti ada konsekuensi yang mesti dihadapi,. So,… pintar-pintar kita aja sih buat ngakalin gimana caranya semua bisa berjalan lancar.. Hmm, sekalian buat belajar problem solving and leadership (paling gak buat diri sendiri). Iya nggak ? Uaaghhh...ceritanya ckup segini ja ya, udah lumayan kriting ni jari, mata dah sepet, muke aje udah abstrak..wkwkwkwk.  sampai jumpa di tahun yang akan datang.. Hahaha.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya